Peluang Bisnis Petik Madu

Petik madu merupaka usaha yang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Omset yang didapat tergantung pada cuaca atau keadaan sekitar dan ketersediaa sari-sarii bunga, juga nektar yang ada pada tanaman bunga. Dengan terjadinya pergantian musim, lebah tidak biasa memproduksi madu secara optimal, karena keterbatasan sari-sari atau nektar yang ada pada tanaman bunga.
Di agro petik madu ini terdapat tiga jenis lebah yang dibudidayakan untuk menghasilkan madu yaitu apis melilfira, acerana, dan trigond. Lebah dapat menghasilkan empat macam produk, yakni madu, royal jelly, bee polen dan propolis. Meskipun madu dihasilkan dari berbagai jenis lebah, namun kualitasnya tidak jauh berbeda hanya tergantung pada kandungan enzimnya.
Siswa dalam studi pengenalan lingkungan belajar labih banyak terkait dengan produksi lebah yang dikelola oleh agrowisata petik madu lawang, dalam kegiatan ini siswa melakukan interview terhadap pengelola terkait dengan biaya yang dikeluarkan dalam budidaya serta pendapat yang diperoleh oleh pengelola agro, yang juga tidak kalah penting dalam kegiatan ini siswa melakukan dialog terkait dengan tantangan-tantangan yang dihadapi. Dengan demikian hal ini menambah pengetahuan siswa terkait dengan bisnis agrowisata petik madu.